Mengenal Macam-macam cara cetak baju dan kaos

Jika anda berminat untuk membuka usaha sablon maka anda bisa menggunakan teknik DTG. Namun untuk dapat menghasilkan sablon menggunakan teknik DTG, harus ada sejumlah alat yang harus dimiliki terlebih dahulu. Masing-masing alat tersebut juga memiliki fungsi tersendiri guna menyelesaikan pekerjaan Printing Baju digital sehingga hasilnya memuaskan. Sehingga jika akan memulai usaha sablon ini anda harus mengetahui jenis alat yang digunakan.

Berikut merupakan beberapa macam alat yang digunakan untuk Cetak Baju menggunakan teknik DTG.
1. Hotgun Riegun
Alat ini berbentuk sangat mirip hairdryer bahkan fungsinya juga seperti fungsi hairdryer yaitu mengeringkan lebih cepat. Hotgun riegun ini dapat mengeringkan sablon lebih cepat dengan cara dipanaskan. Penggunaannya sejak kaos masih diletakkan di tatakan sablon untuk dipress dalam mesin press.

2. Alat Kompresor
Kompresor digunakan di awal proses sablon yang berfungsi untuk merapatkan pori-pori kaos. Hal ini dilakukan agar sablon saat cetak baju dapat merekat dengan baik dan tidak mudah mengelupas. Kompresor juga digunakan untuk menyemprot bagian permukaan kaos saat di awal serta pada tahap finishing. Hal ini dilakukan agar sablon bisa lebih tahan lama meskipun sering digunakan.

3. Kertas Teflon
Ada juga kertas teflon yang digunakan sebagai pelapis kaos sebelum dimasukkan dalam mesin press. Kaos perlu dilapisi menggunakan kertas teflon agar hasil cetak sablon yang dilakukan dengan cara dipress nantinya tidak lengket pada kaos atau pada mesinnya. Dengan begitu maka  hasil sablon menjadi lebih rapi serta memuaskan.

4. Mesin Cetak
Mesin cetak DTG nantinya dihubungkan ke komputer untuk menerima perintah pencetakan, seperti mesin printer kertas pada umumnya. Hanya saja pencetakan ini dilakukan pada permukaan kaos dengan proses yang lebih cepat serta  memiliki berbagai pilihan warna.

5. Mesin Press serta Desain DTG
Mesin press digunakan untuk memastikan tinta kering pada kaos sesudah melalui direct to garment printing. Mesin press dapat digunakan saat kaos masih ada di atas tatakan mesin  cetak. Namun sebelum melalui proses pengeringan yang dilakukan di mesin press, umumnya kaos yang dibuat terlebih dahulu dikeringkan dengan fungsi dari alat hotgun riegun.

6. Satu Paket Tinta, Catridge, serta Cairan Pembersih
Terakhir, untuk dapat melakukan pencetakan maka harus menggunakan satu paket alat berupa tinta, catridge, dan cairan pembersihnya yang harus anda miliki. Seperangkat alat ini nantinya tersambung dengan mesin cetak guna menghasilkan warna gambar di kaos. Pastikan tidak hanya menyediakan tinta dan catridgenya saja, sediakan juga cairan pembersihnya agar hasil pencetakan tetap bagus.
Melakukan sebuah bisnis tentu harus dilakukan dengan sebuah ilmu sehingga bisnis yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar. Bagi anda yang memang ingin memiliki usaha dibidang cetak baju maka harus tahu pula teknik nya. Untuk mencetak baju anda bisa menggunakan teknik DTG yang ternyata juga memiliki beberapa alat yang diperlukan. Sehingga diharapkan beberapa ulasan diatas dapat membantu anda dalam mengembangkan bisnis anda.